Sejak mewabahnya virus corona yang lebih dikenal dengan nama Covid 19, menimbulkan kepanikan tetapi juga menyebabkan meningkatnya kreatititas di isntitusi pendidikani. Semenjak diberlakukanlah upaya pencegahan COVID-19 berupa pengaturan jarak sosial dan fisik (social & physical distancing). Dengan keluarnya kebijakan ini yang didasari peningkatan jumlah korban yang semakin hari terus meningkat dan sebaran virusnya semakin sulit dikendalikan di seluruh Indonesia maka pemerintah menetapkan pembelajaran dalam jaringan (daring) dan Work From Home (WFH) sehingga segala kegiatan dan aktivitas akademik yang sering dilakukan di dalam kampus harus dilakukan dari rumah. Tidak hanya mahasiswa, dosen dan tendik  (tenaga pendidikan) pun terpaksa harus bekerja dari rumah demi pencegahan dan percepatan penurunan wabah COVID-19.

Proses belajar dikelas walau dirasa sudah kuno, namun tetap memiliki kelebihan tersendiri. Psikologi mahasiswa akan terbentuk jika mahasiswa bertemu langsung dengan dosennya. Mereka akan mengingat gaya mengajar dosen dan akan sangat diingat dipikiran mereka karena mengajar tidak hanya untuk mendapatkan ilmu tetapi lebih kepada pembentukan karakter, hubungan emosional antara dosen dan mahasiswa yang terbentuk selama pembelajaran dikelas berlangsung.

Jurusan Kebidanan Politeknik Kesehatan Makassar, tidak lepas dari masalah ini, sejak dikeluarkan Nota dinas berupa edaran dari direktur Politeknik Kesehatan Makassar No HK. 02.03/2.1/1402/2020, maka hal ini memaksa civitas akademik untuk merubah pembelajaran menjadi pembelajaran dalam jaringan (online) sehingga harus menggunakan teknologi walaupun disadari masih ada dosen yang kemampuannya dalam menggunakan teknologi dalam pembelajaran masih dirasa kurang, tetapi akhirnya semua dosen mampu melakukan perubahan PBM, karena sebelumnya telah berulangkali dilakukan pelatihan dalam proses belajar mengajar dalam jaringan (online) dengan menggunakan Vilep.

Setiap metode pembelajaran memang terdapat kelebihan dan kekurangan. Namun sudah menjadi tugas dosen untuk menentukan gaya ataupun teknik mengajar yang sesuai dengan karakteristik mahasiswa karena kembali lagi, mengajar adalah sebuah seni untuk pembentukan karakter, kreativitas, kekritisan, dan sifat kepedulian mahasiswa. Dan tidak hanya terfokus pada penyampaian ilmu dan keterampilan saja.

Dengan menggunakan pembelajaran daring maka dosen dan mahasiswa akan semakin menguasai teknologi dan mengikuti perkembangan jaman, kegiatan pembelajaran tidak terbatas pada waktu dan tempat, sumber pembelajaran juga tidak terbatas hanya pada dosen tetapi dari sumber lain, kreativitas dan kekritisan mahasiswa akan semakin keluar, dosen akan semakin kreatif menggabungkan berbagai macam media ajar online, diantaranya aplikasi zoom, google meet, WAG, dan email, serta proses pembimbingan karya tulis ilmiah dan Laporan tugas akhir mahasiswa semua dilakukan secara online sehingga dosen tidak lagi terbebani dengan koreksi tugas mahasiswa secara manual, serta penggunaan kertas akan semakin berkurang karena teralihkan melalui aplikasi online

Ternyata dengan menwabahnya covid 19 memiliki juga nilai yang positif.

Bravo Jurusan Kebidanan… Bravo Poltekkes Kemenkes Makassar.

Dokumentasi kegiatan pembelajaran online :

Jurusan Kebidanan melaksanakan pembelajaran online selama WFH/ LFH

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *